LOS ANGELES (AS) – Crystal Cathedral yang menjadi simbol kejayaan Orange County, California, hendak dijual karena tak berdaya digempur krisis.

Selama beberapa lama, Crystal Cathedral menjadi salah satu obyek wisata ternama di Pantai Barat Amerika. Namun, sebagai langkah mencegah bangkrut, rumah ibadah ini terpaksa dijual.

Kompleks gereja megah Garden Grove yang menaungi Crystal Cathedral, memiliki utang hingga US$50 juta. Termasuk ke vendor-vendor yang membantu gereja itu mengadakan acara saat Natal atau Paskah.

“Kegiatan ibadah maupun program-program komunitas takkan terpengaruh karena hal ini,” kata Jubir Garden Grove, John Charles.

Dalam proposal rencananya, Katedral seluas 40 aker itu akan dijual ke grup investasi real estate sehingga bisa mengangkat beban mortgage senilai US$36 juta.

Setelah 15 tahun, pihak gereja memiliki opsi untuk melakukan leasing. Setelah empat tahun, mereka bisa melakukan buy back. “Ini bagus, kami mendapatkan kesempatan memulai kembali,” pungkasnya. [taz/voa-islam.com]