Dengar suara azan turis Rusia Maria Labodenska masuk Islam. Kita umat Islam harus malu kalau dengar azan malah tidur.

ISTANBUL –  Warga Rusia, Maria Labodenskia (25) yang sedang wisata ke Turki akhirnya memeluk Islam. Ia meminta kepada Lembaga Fatwa Turki di kota Konya untuk mengumumkan keislamannya.

Mufti Konya Syukri Azbo Gaday menjelaskan tentang ajaran Islam kepada Labodenskia dan kemudian menuntun sang muallaf masuk Islam. Ia kemudian mengganti namanya menjadi Noor.

Dalam penjelasannya, Labodenskia banyak terpengaruh oleh suara azan yang berkumandang saat ia sedang berkeliling tour di Istanbul. Ia merasakan getaran dan sensasi tak tidak bisa ia jelaskan dengan kata-kata.

“Saya memang pernah membaca tentang Islam. Namun antara membaca, pengetahuan dan melihat dengan merasakan kehidupan Islam sama sekali dua hal yang berbeda,” tegas Labodenskia. “Kini saya mulai memahami Islam dengan benar,” tuturnya.

Mufti Konya memberikan kepada “Noor” Labodenskia sebuah mushaf Al-Quran sebagai hadiah keislamannya.

Sejumlah sumber di Turki menjelaskan, sejumlah warga asing belakangan ini menyatakan diri masuk Islam. Kebanyakan mereka berwisata dan terpengaruh oleh peninggalan-peninggalan bersejarah dari Khilafah Utsmaniyah yang memiliki nuansa spiritual yang khas. Selain wisatawan, ada juga ekspatriat yang bekerja di Turki.

Badan Urusan Agama di Turki pernah merilis bahwa selama tahun lalu, ada 634 orang, 467 di antaranya wanita antara usia 30 – 35 dari warga Jerman, Moldeva, Belanda, Prancis, China, Brazil, Amerika, Romania, dan Estonia masuk Islam di Turki.

Seorang Mufti Turki Ali Mursajijel menegaskan, suara azan adalah pertama kali yang memberikan pengaruh terhadap kebanyakan mereka yang masuk Islam. Setelah itu mereka mulai mencari informasi tentang agama Islam. Bertemulah mereka dengan para imam masjid dan ulama dan membaca Al-Quran dan terpengaruh oleh ayat-ayatnya. Dari sanalah mereka masuk Islam. [spiritislam/islammemo]