Paus BenediktusVATIKAN – Terkait maraknya kasus pedofilia, Paus Benediktus XVI mendesak umat Kristen  agar mengakhiri kemunafikan religius di gereja Katolik.

Hal itu disampaikan Paus saat memimpin misa terakhirnya di Vatikan, Rabu (13/2/2013) sebelum mengundurkan diri pada 28 Februari 2013 mendatang.

Paus menyatakan bahwa umat beriman harus tulus dalam iman mereka. Paus mendesak agar kemunafikan religius dan persaingan di dalam gereja, khususnya gereja Katolik untuk segera diakhiri.

Tampil dengan jubah ungu, Paus memberikan homili (khotbah) terakhirnya di hadapan sekitar 8.000 umat Katolik yang hadir di auditorium Vatikan yang memberikan tepuk tangan meriah. Misa terakhir Paus itu berlangsung sangat emosional.

…Umat Kristen  harus mengakhiri kemunafikan religius di gereja Katolik. Pernyataannya ini merujuk pada kasus pedofilia yang mengganggu lembaga agama yang telah berusia 2.000 tahun tersebut…

Dia mengatakan wajah gereja kadang-kadang dirusak oleh dosa melawan kesatuan gereja, dan perpecahan di antara para pastor. Pernyataannya ini merujuk pada kasus pedofilia yang mengganggu lembaga agama yang telah berusia 2.000 tahun tersebut.

Selain itu, dia juga menyatakan bahwa keputusannya mengundurkan diri adalah demi kebaikan gereja Katolik dan dia yakin keputusannya ini tidak menyakitkan gereja. “Terus berdoa bagi saya, bagi gereja, dan bagi Paus berikutnya. Saya mengambil keputusan dalam kebebasan penuh dan untuk kebaikan gereja setelah berdoa cukup lama, dan menguji dengan hati nurani di hadapan Tuhan,” katanya dengan suara penuh emosi. [taz/voa-islam.com]