Yesus Penebus Christ Redeemer2RIO DE JANEIRO, BRASIL – Selama ini Yesus Penebus (Christ the Redeemer/Cristo Redentor) ini menjadi kebanggaan umat Kristen seluruh dunia. Patung yang menjulang tinggi di atas bukit Corcovado, Rio de Janeiro Brasil ini menjadi korban badai petir yang menerjang kota tersebut sejak Kamis (16/1/2014) lalu. Jempol kanannya buntung karena tak kuasa menahan gempuran petir yang menyambar.

Hasil pemantauan pengelola kawasan tersebut, petir hebat telah merusak ujung jempol patung setinggi 30 meter yang terletak di puncak dari Gunung Corcovado Patung  menghadap ke kota ini. Laman BBC, Sabtu (18/1/2014) melaporkan, akibat putusnya jempol kanan ini, pemerintah setempat berupaya melakukan perbaikan secara serius, karena patung Yesus ini menjadi simbol umat Kristen dan menjadi ikon kebanggaan Brasil.

Yesus Penebus Christ Redeemer3Otoritas meteorologi setempat menyebutkan serangan kilat yang terjadi pada Kamis malam disebut sebagai yang terbesar sejak pemantauan badai petir dilakukan sejak 1999 silam.

The National Institute for Space Research (Inpe) menyebutkan, karena posisinya di ketinggian, patung tersebut kerap menjadi target sambaran petir antara tiga sampai lima kali dalam setahun.

Selain menjadi simbol bagi umat Kristiani di Brasil, patung yang selesai dibangun pada tahun 1931 ini menjadi salah satu objek wisata populer di negeri yang terkenal akan olahraga sepakbolanya tersebut. Setiap tahun hampir dua juta pengunjung datang melihat patung bergaya Art Deco terbesar di dunia tersebut.

Pemerintah Brasil sendiri pernah merenovasi salah satu warisan budaya dunia ini tahun 2010 silam dengan anggaran sekitar GBP 2,7 juta atau sekitar Rp 540 miliar. [a ahmad-hizbullah]

Yesus Penebus Christ Redeemer1